Ada Lho Kuburan Yang Tidak Seram Malahan Jadi Tempat Wisata, Mau Tahu?

Posted on

Pernahkah terbayang di benak Anda untuk menyiapkan makan untuk diri kita sendiri? Hiii.. pastinya hal ini terlalu seram bagi sebagian besar orang. Namun, makam atau kuburan itu tidak selalu identik dengan hal-hal yang menyeramkan lho. Lauren Rhoads di dalam bukunya dengan judul “199 Cemeteries to See Before You Die” menulis bahwa makam itu memang punya daya tarik tersendiri. Tidak hanya soal cerita di balik jenazah yang dikuburkan di dalamnya, tetapi makam juga sering sekali memiliki nisan yang berbentuk indah seperti karya seni.

Nah, daripada penasaran, berikut adalah makam-makam yang menjadi tempat yang indah dan artistik.

Cimitero Acattolico – Roma, Italia


Kompleks pemakaman ini khusus dibangun bagi para pendatang non-katolik di Roma, Italy. Dua tokoh terkenal yang pernah dimakamkan di sini adalah pujangga muda Percy Shelley dan John Keats . Uniknya, di dekat nisan kuburan Shelley ada sebuah patung yang berjudul the Angel of Grief Weeping Over the Altar of Life yang dibuat tiruannya di seluruh dunia karena keindahannya lho.

 

Mirogoj Cemetery Zagreb – Kroasia


Pemakaman ini bertempat di kaki pegunungan Medvednica. Tempat yang dipakai adalah sebuah lahan perkebunan yang dimiliki oleh seorang ahli bahasa bernama Ljudevit Gaj. Pemakaman ini didesain menjadi tempat dengan pemandangan yang indah sekali. Hal yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah salah satu bagiannya yang khusus didesain dengan gaya neo-Renaissance.

Skogskyrkogården – Stockholm, Swedia

Tempat ketiga yang mau kita tunjukin adalah hasil kolaborasi antara dua arsitek terkenal di Swedia yaitu Gunnar Asplund dan Sigurd Lewerentz. Mereka berdua nih berhasil mengubah sebuah lahan tambang menjadi kompleks pemakaman yang memiliki pemandangan hutan dan padang rumput yang super cantik.

 

Reilig Odhrán Isle of Iona – Skotlandia

Kompleks pemakaman ini dibuat bagi para penduduk Skotlandia, Irlandia dan Norwegia. Pemakaman ini terletak disamping bangunan gereja tua yang bernama Gereja Saint Oran. Di dalam gereja inilah terdapat sebuah batu misterius bernama Clach Brath. Konon jika batu itu sampai usang maka dunia ini akan kiamat! Kamu percaya?

 

Père Lachaise – Paris, Perancis

Awal pembukaan pemakaman ini adalah era baru bagi dunia permakaman di masanya. Mengapa? Karena untuk pertama kalinya terdapat kompleks pemakaman yang bisa diperjualbelikan secara umum. Padahal pada era sebelumnya pemakaman dibebaskan bagi siapa saja.

 

Highgate Cemetery – London, Inggris

Tidah hanya untuk pemakaman, tempat yang berkonsep taman ini juga sering dijadikan sebagai tempat refreshing dari kebisingan kota London yang sangat padat. Karl Marx adalah salah satu tokoh di Inggris yang dimakamkan di sini.

 

Cmentarz Powazki – Warsaw, Polandia

Catatan tentang berapa jumlah pasti orang yang dimakamkan di pemakaman ini sempat hilang di masa Perang Dunia II. Namun bisa dipastikan jika yang dimakamkan di berjumlah jutaan orang. Nilai sejarah yang tinggi dari pemakaman ini menjadikan beberapa selebriti berkumpul secara rutin setiap tahun pada untuk mengumpulkan dana pemeliharaan bagi kompleks pemakaman ini.

 

Okunoin Cemetery – Koyasan, Jepang

Kompleks pemakaman ini merupakan lahan pemakaman terbesar di Jepang yang terdiri lebih dari 200.000 makam. Nisan-nisan yang terdapat di sini memiliki banyak ciri khas, mulai dari beragam pernik agama Buddha sampai patung berbentuk roket raksasa. Unik banget kan?

 

South Park Street Cemetery – Kolkata, India

Lebih dari eabad lamanya, kompleks pemakaman yang dibangun oleh orang Inggris pada tahun 1767 ini menjadi lahan pemakaman orang Kristen terbesar di Asia. Kompleks pemakaman ini juga dikenal sebagai pionir pemakaman yang memisahkan kuburan secara terpisah dengan gereja.

 

Stary Židovsky Hrbitov – Praha, Republik Ceko

Kompleks pemakaman ini dibangun pada abad ke-15 dengan luas 2,5 Hektar dan dibangun khusus untuk kaum Yahudi yang berada di Praha. Hingga sekarang di tempat ini terdapat lebih dari 12.000 kuburan orang Yahudi di dalamnya.

Ternyata, tidak semua kuburan itu menyeramkan ya. Banyak sekali pemakaman di berbagai negara yang sangat keren hingga bisa menjadi tempat wisata. Bagaimana, kuburan tidak selalu seseram yang kita pikirkan, bukan?

 

sumber: selipan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *