Misteri Makam Genghis Khan yang Belum Pernah Ditemukan Hingga Saat Ini

Posted on

Genghis Khan merupakan salah satu tokoh yang cukup dikenal dalam sejarah dunia. Ia telah berhasil menyatukan bangsa Mongolia dan dia juga berhasil menyerang dan menginvasi sebagian besar wilayah Asia serta sebagian wilayah Eropa. Kakek dari Kubilai Khan ini juga dianggap sebagai salah satu orang yang dijuluki “penakluk dunia”.

Ketika Genghis Khan wafat, tempat pemakamannya dirahasiakan oleh keluarga besarnya agar tidak ada pihak musuh yang merusak dan menjarahnya. Tidah sedikit usaha untuk mencari di mana lokasi pasti makam Genghis Khan. Bahkan hingga saat ini pun sudah banyak peneliti dari berbagai negara telah berusaha untuk mencari lokasi makam Genghis Khan. Namun, pencarian yang mereka lakukan itu belum membuahkan hasil. Menurut analisis para peneliti, nampaknya makam Genghis Khan memang diletakkan di bangunan yang dibangun dengan sedemikian rupa sehingga tidak akan pernah bisa digali.


Di dalam tradisi Mongolia, makam seseorang memang sudah seharusnya disembunyikan dengan baik agar jiwa yang beristirahat di dalamnya dapat selalu aman terlindungi. Namun demikian, sebuah makam mewah telah dibangun di Cina sebagai replika peti mati Genghis Khan. Makam itu hanya berfungsi sebagai monumen peringatan bagi sosok Genghis Khan yang pada saat kematiannya menjemput sedang menduduki posisi Kaisar di kekaisaran terbesar di dunia dengan daerah kekuasaan membentang dari Laut Kaspia sampai Samudera Pasifik.

Dr. Albert Yu-Min Lin, seorang peneliti dari Universitas California, merupakan salah seorang yang memimpin upaya pencarian makam Genghis Khan. Dalam upaya pencarian itu, dia sudah mengambil lebih dari 84.000 gambar yang dipotret dari pesawat drone. Dia pun juga sudah mengikutsertakan 10.000 relawan untuk menelusuri daerah yang luasnya lebih dari 2.300 mil persegi. Sejauh ini, pencarian yang dilakukan oleh Yu-Min Lin sudah mengerucut menjadi 55 situs arkeologi. Menurut perkiraan, kemungkinan besar makam Genghis Khan terdapat di dekat gunung suci Mongolia yang bernama “Burkhan Khaldun”. Kebetulan lokasi itu sangat dekat dengan tempat kelahiran Genghis Khan sendiri.

Pencarian makam Genghis Khan memang sangat menarik banyak orang karena sudah menjadi rahasia umum jika seorang raja meninggal maka ia akan dimakamkan bersama dengan harta kekayaan miliknya. Karena Genghis Khan sudah menaklukkan wilayah yang sangat luas, maka kemungkinan besar harta jarahan yang dimakamkan bersama jenazahnya pun akan sangat banyak jumlahnya. Selain untuk dokumentasi sejarah, pencarian makam Genghis Khan sangat menggiurkan bagi sebagian orang karena harta karun yang kemungkinan dapat ditemukan bersamaan dengan jenazahnya.

 

sumber: yukepo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *