Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Mubes Ke-V Ikatan Keluarga Nias (IKN) Kabupaten Pelalawan Terlaksana Lancar dan kembali dipimpin ole
Senin, 10-02-2020 - 08:49:13 WIB

TERKAIT:
 
  • Mubes Ke-V Ikatan Keluarga Nias (IKN) Kabupaten Pelalawan Terlaksana Lancar dan kembali dipimpin ole
  •  

    PELALAWAN,LiputanOnline.com-Panitia Mubes Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Nias (DPP IKN) Kabupaten Pelalawan, melaksanakan Musyawarah Besar Ke-V bertempat di Gedung Serba Guna BNKP Jln. Sepakat/Jln. Suka Damai IV Kelurahan Kerinci Timur, Kecamatan Pkl Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau,  Minggu (09/2/2020).
     
    Acara Mubes IKN Pelalawan yang Ke-V Tahun 2020 ini, dihadiri Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Pelalawan, H.Tengku Nahar yang didampingi Sekretaris FPK Pelalawan Bukhari Daeng dan pihak Kesbangpol Kabupaten Pelalawan.
     
    Dalam acara yang penuh keakraban ini, hadir juga Ketua Umum IKN Pelalawan, Drs. Sozifao Hia M.Si, Sekretaris Umum, Eprisman Aryanjaya Ndruru SH, Bendum IKN Sòkhiatulò Laia, Ketua Panitia Mubes IKN Ipda Pol Esafati Daeli SH, Sekretaris Panitia, Olani Zebua SE, Ketua DPC Himni kabupaten Pelalawan Samazasa Ndruru, Ketua DPD IKNR kabupaten Pelalawan, Yulianus Halawa, Pdt. Deniati Gulo S.Th, dan 3 orang delegasi dari 8 Cabang IKN yang terbentuk 12 cabang se-Kabupaten Pelalawan.
     
    Dalam laporan Ketua Panitia Mubes IKN Pelalawan, Ipda Pol Esafati Daeli SH, mengawali dengan sapaan khas Nias  *Ya'ahowu* mengucapkan selamat datang kepada Ketua FPK Pelalawan, H.Tengku Nahar dan seluruh peserta Mubes IKN Pelalawan yang berkesempatan hadir 8 Cabang IKN dari 12 Cabang IKN yang terbentuk se-Kabupaten Pelalawan serta pembina dan koordinator-koordinator bidang IKN kabupaten Pelalawan periode 2015-2019.
     
    Esafati Daeli SH menjelaskan bahwa beliau dan jajarannya diberi tugas melalui SK dari DPP IKN Kabupaten Pelalawan mulai pada bulan Desember 2019 yang lalu sebagai Panitia Mubes sekaligus Panitia Open Turnamen "IKN CUP III" melalui hasil mufakat dalam Rapat BPH dan KSB DPP IKN Pelalawan.
     
    Kami dari Panitia mengucapkan terimakasih kepada Bapak/i serta Saudara/i sekalian yang telah memberikan kesempatan hadir dalam rangka pelaksanaan Mubes IKN Pelalawan yang Ke-V dan kepada semua anggota Panitia yang telah bersusah payah dan terlebih kepada Tokoh-tokoh serta pengusaha Ono Niha yang telah membantu, baik tenaga, pikiran maupun materi.
     
    "Kami percaya, tanpa peran pengusahaan Ono Niha dalam Mubes IKN Pelalawan ini, tidak akan berjalan sukses pelaksanaannya sesuai harapan kita bersama," ujar mantan Ketum IKN ini.
     
    Ipda Pol Esafati Daeli SH yang sekarang menjabat Kanit Reskrim Polsek Pangkalan Kuras ini mengatakan, tujuan pelaksanaan MUBES adalah sesuai aturan dan mekanisme setiap organisasi yang tertuang dalam AD/ART IKN yang mana setiap masa berakhirnya kepengurusan, pengurus harus melakukan Mubes untuk mengevaluasi kinerja kepengurusan lama dan memilih kepengurusan baru.
     
    “Mubes yang kita lakukan setiap 4 tahun sekali ini bertujuan untuk memilih pengurus yang baru dan mengevaluasi kinerja pengurus periode tahun sebelumnya," tuturnya mengakhiri.
     
    Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum DPP IKN Pelalawan, Drs. Sozifao Hia, M.Si mengucapkan selamat datang kepada Ketua FPK H.Tengku Nahar yang begitu antusias memberikan perhatian dan waktunya menghadiri dan sekaligus membuka secara resmi acara Mubes IKN Pelalawan yang Ke-V ini.
     
    Saya atas nama Ketua DPP IKN Pelalawan yang masih aktif yang sebentar lagi demisioner mengucapkan terima kasih kepada Panitia penyelenggara Mubes IKN Ke-V yang telah bekerja dengan baik dan merangkap juga sebagai Panitia penyelengga Open Turnamen Volley Ball IKN Cup ke-III Tahun 2020.
     
    Dikatakan Sozifao Hia, Tanpa upaya dan kerja keras Panitia dikhawatirkan Mubes IKN yang ke-V dan juga pelaksanaan Open Turnamen "IKN CUP ke-III" Tahun 2020 akan sulit terlaksana dengan sukses.
     
    Dalam uraiannya anggota DPRD Pelalawan dari Partai PDIP periode 2019-2024 ini mengisahkan bahwa lahirnya IKN Pelalawan sejak Tahun 1998 yang ketika itu digagas dan dimulai dari PT RAPP yang pendirinya pada merupakan Tokoh-tokoh Ono Niha termasuk Drs. Sozifao Hia.
     
    Ormas IKN Pelalawan ini lahir karena keadaan yang mendesak ketika itu. "Dalam kondisi yang mendesak itu, beberapa Tokoh Pendiri IKN ini termasuk saya, melakukan pertemuan sesama Ono Niha dan pertemuan itu sangat terbatas karena jumlah Ono Niha kala itu tidak seramai seperti sekarang. Puji tuhan, seiring waktu berjalan dan organisasi ini aktif dan berajak besar hingga berhasil menunjukan wajah Ono Niha Pelalawan atas berkatNya," jelas Sozifao Hia mengakhiri.
     
    Selanjutnya dalam sambutannya Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Pelalawan, H.Tengku Nahar yang sekaligus membuka secara resmi Mubes IKN Ke-V Tahun 2020, mengucapkan selamat dan sukses kepada DPP IKN Pelalawan yang sedang menyelenggarakan Mubes IKN ke-V Tahun 2020.
     
    Tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan ini menyampaikan rasa bangganya terhadap organisasi Paguyuban Ikatan Keluarga Nias yang begitu membaur dan aktif dalam mendukung berbagai program pembangunan daerah kabupaten di Pelalawan.
     
    H.T.Nahar menambahkan bahwa yang paling membuatnya bangga terhadap IKN Pelalawan adalah ketika pemerintah daerah kabupaten pelalawan tahun 2019 lalu menyelenggarakan acara keagamaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Kecamatan Pangklan Kerinci.
     
    IKN Pelalawan saat itu, turut serta dan bersama-sama dengan rombongan Kafillah dan bahkan menampilkan budaya Adat Asli Nias berupa Tarian Maena dan Lompat Batu, sehingga kegiatan muslim itu terlihat meriah dan tidak kaku, karena di dalam acara keagamaan tersebut dihibur dengan Lompat Batu dan Tarian Maena yang ditampilkan putra-putri anggota sanggar Asal Nias, Sanggar Fahasara Dòdò binaan IKN kabupaten Pelalawan," katanya H.T.Nahar.
     
    Beliau mengapresiasi IKN dan anggota sanggar yang kala itu menampilkan atraksi budaya Nias dengan sebaik mungkin, sambil membandingkan nilai dan penghargaan jerih lelah dari pihak penyelenggara. "Padahal, honor yang diberikan kepada Pemuda IKN Pelalawan yang menampilkan Hombo Batu dan Tarian Maena hanya sebesar Rp 100.000. Sementara sewa Baju Seragam khusus pakaian Adat yang digunakan Anak Sanggar ketika itu sebesar Rp. 300.000. Jika dihitung pengeluaran dengan honor yang diberikan tidak sesuai. Namun IKN Pelalawan tidak mengejar bayaran honor melainkan kebersamaan masyarakat dengan pemerintah membangun kabupaten Pelalawan," ujarnya bangga.
     
    Di akhir sambutannya Ketua FPK Pelalawan ini meminta kepada Pemerintah daerah kabupaten pelalawan untuk membangun Rumah Adat Nusantara Pelalawan dan melengkapi seluruh perlengkapan fasilitasnya agar bisa dijadikan sebagai arena ditampilkannya atraksi seni dan budaya setiap paguyuban yang ada di Pelalawan.
     
    Ia berharap, melalui Mubes IKN Ke-V ini H.T.Nahar menyampaikan permohonan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan untuk dapat berkenan mengabulkan pembangunan Rumah Adat Nusantara Pelalawan," pinta H.T.Nahar, sembari membuka secara resmi Mubes IKN Pelalawan Ke-V tahun 2020.
     
    Pengamatan media ini, Mubes IKN Ke-V Tahun 2020 berjalan sukses dengan menjalankan berbagai rangkaian mekanisme dan Tata Tertib (Tatib) Mubes sesuai ketentuan yang tercantum dalam AD/ART Ikatan Keluarga Nias Pelalawan.
     
    Adapun rangkaian Mubes IKN Ke-V ini, dilakukan berbagai tahapan yang tertuang dalam tata tertib sampai pada penjaringan Bakal Calon Ketum, Sekum dan Bendum IKN hingga pada pemilihan Calon Tetap.
     
    Balon Ketua Umum IKN Pelalawan yang diusulkan peserta Mubes ada tiga Balon yang antara lain Sòkhiatulò Laia, Bumantara Gani, dan Drs. Sozifao Hia M.Si.
     
    Dari tiga nama Balon Ketum IKN Pelalawan tersebut yang diusulkan peserta Mubes IKN Ke-V Tahun 2020 tidak siap memimpin Paguyuban yang besar ini, sehingga KSB-BPH IKN dan peserta Mubes dengan sepakat mufakat mengembalikan kepada Drs. Sozifao Hia M.Si untuk menahkodai Organisasi Paguyuban Ikatan Keluarga Nias Kabupaten Pelalawan. Sementara dalam penjaringan balon Sekum, ada 3 orang yaitu Olani Zebua, SE, Rosahati Laia, A.Md dan Firman Zalukhu, S.Sos, S.Pd. Para peserta mubes dengan bulat suara aklamasi terpilih sebagai Sekretaris Umum Firman Zalukhu, S.Sos, S.Pd sementara Bendahara Umum kembali dijabat oleh Sòkhiatulò Laia untuk periode 2020-2024.
     
    Dari hasil Mubes IKN Pelalawan Ke-V Tahun 2020 Drs. Sozifao Hia M.Si kembali dipercayakan oleh masyarakatnya untuk menahkodai IKN Pelalawan dengan pemilihan secara aklamasi.(FZ)

    Penulis:Firman Zalukhu
    Senin : 10 Februari 2020



     
    Berita Lainnya :
  • Mubes Ke-V Ikatan Keluarga Nias (IKN) Kabupaten Pelalawan Terlaksana Lancar dan kembali dipimpin ole
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Rindu Bersaing, Messi Puji Setinggi Langit Talenta Ronaldo
    02 Olympiakos Vs Arsenal, Gol Tunggal Lacazette Bawa The Gunners Menang
    03 Satukan Persepsi Tanoto Foundation untuk Tingkatkan Pendidikan
    04 Anggota DPRD Riau Gelar Reses
    05 Sukses Fasilitasi Ganti Rugi Jalan Tol, Kementerian PUPR Puji Bupati Kampar
    06 Menaker: Cuti Hamil hingga Cuti Haid untuk Pekerja Tidak Dihapus
    07 Ajaran Pantang Menyerah dan Lawan Rasa Lelah dari Shin Tae-yong
    08 Kecelakaan Lalu lintas Superben Terbalik, Avanza Ringsek
    09 Kecamatan Bangkinang Kota Paparkan Musrenbangcam Prioritas Tahun 2021
    10 Pemain Persija Disambut 'Song of Pride' di Stadion Gelora Delta Sidoarjo
    11 Final Piala Gubernur Jatim 2020, Adu Tajam Da Silva dan Simic pada Laga Persebaya Vs Persija
    12 Pemerintah Indonesia Siapkan Evakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess
    13 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat , Pemda Kuansing Upayakan Harga Karet Di Kuansing Meningkat.
    14 Jokowi ke Riau, HK Klaim Pembangunan Tol Permai Sudah 90 Persen
    15 3.200 Personel Gabungan Siap Amankan Kedatangan Presiden ke Riau
    16 City Menang, Aymeric Laporte Bikin Rekor
    17 Gubri Hadiri Rakornas Investasi 2020
    18 Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) Republik Indonesia mengelar sosialisasi program Per
    19 Ribuan Suporter Antre Tiket Laga Persebaya vs Arema Final Piala Gubernur Jatim
    20 Edwin Pratama Serahkan Usulan Pembangunan Riau ke Menteri PUPR
    21 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    22 Gubernur Riau Pimpinan Rapat Bahas Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA