Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Penuhi Kebutuhan Masyarakat Sekda Rohul Apresiasi Peningkatan Bumdesa Kumain
Jumat, 14-02-2020 - 22:37:42 WIB

TERKAIT:
 
  • Penuhi Kebutuhan Masyarakat Sekda Rohul Apresiasi Peningkatan Bumdesa Kumain
  •  

    Rokan Hulu (Liputanonline.com)- Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di Kabupaten Rokan Hulu dari tahun ke tahun terus  mengalami peningkatan, seperti di BUMDesa Lestari Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kamis (13/02/2020).

    Dari Musayarawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Tahun buku 2019, yang dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mewakili Bupati Rohul H Sukiman, Laba Usaha Bumdesa (LUB) telah mencapai Rp 208 juta.

    Untuk meningkatkan LUB dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, BUMDesa Lestari Desa Kumain terus berinovasi dan membuat terobasan baru dalam membuka dan mengembangkan Unit Usaha baru, seperti Toko Lestari Bangunan dan Depot Air Isi Ulang Lestari Mineral, yang diresmikan langsung oleh Sekda Rohul, ditandai dengan penguntingan pita, Kamis (13/2/2020) sore.

    Dikegiatan itu tampak juga disaksikan Camat Tandun M. Rodi S.Sos, Ketua DWP Rohul Hj Neti Herawati Haris, Kepala Desa Kumain Darwadi, Kepala Desa Puo Raya Yasrijon, Pengurus BUMDesa Lestari, Perwakilan Danramil dan Polsek Tandun, BPD Desa Kumain serta ratusan masyarakat pemanfaat Bumdesa Lestari.

    Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan BUMDesa di Rohul rata-rata mengalami kemajuan, hal  itu bisa dilihat dari indikator meningkatnya pendapatan Laba Usaha Bumdesa (LUB). Pasalnya, LUB di masing-masing BUMDesa hari ini tidak ada lagi dijumpai BUMDesa yang laba usahanya itu 0 (Nol) ataupun minus.

    "Ya hari ini Bumdesa sudah mendapat keuntungan dan ini menandakan masyarakat di desa-desa sudah mulai memahami bahwa Bumdes ini kan dari masyarakat untuk masyarakat. Jadi hari ini BUMDesa Lestari Desa Kumain juga luar biasa dengan banyak sekali membuka unit usaha ini memang sudah sepantasnya Bumdes-Bumdes yang sama sehingga nanti hasil dari bumdes ini betul-betul dirasakan masyarakat," Ujar Abdul Haris.
     
    Terkait telah diresmikannya Unit Usaha Toko Bangunan Lestari, Abdul Haris menyambut positif sekali dan mengapresiasi Bumdesa Lestasi, pasalnya dengan adanya toko bangunan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena Bumdes selain berorientasi untuk mencari keuntungan laba yang besar, juga berorientasi bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat tempatan.
     
    "Penambahan unit usaha baru ini sangat bagus sekali, Bumdes itu tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tapi peran Bumdes itu bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, jika di desa ini belum ada toko bangunan, Bumdes memiliki kewajiban bagaimana merintis membangun toko bangunan," terangnya.

    "Jika belum ada sarana air bersih pihak Bumdes ini harus membuka depot air bersih untuk masyarakat, jika belum ada penyalur gas elpiji Bumdes bisa melakukan itu supaya Elpiji di desa-desa itu harganya stabil," tambahnya.

    Dijelaskan Sekda, peran Bumdes ditengah masyarakat tidak hanya semata-mata mengejar keuntungan. Namun Bumdesa juga memiliki nilai untuk  pemenuhan kebutuhan masyarakat, karena pada prinsipnya keberadaan Bumdesa itu dari masyarakat untuk masyarakat.

    Sekda Abdul Haris juga menyampaikan pesan Bupati Rohul H. Sukiman, Dia berpesan kepada masyarakat Desa Kumain untuk selalu menjaga kerukunan, kebersamaan dan kekompakan dalam membangun Rohul yang lebih maju.

    Sedangkan Kepala Desa Kumain,  Darwadi mengaku kedepannya akan mengelola Bumdesa Lestari dalam konsep Syariah. Apalagi diakuinya, sejak 3 (Tiga) tahun terakhir Bumdesa Lestari telah tiga kali menurunkan bunga pinjaman, untuk meningkatkan laba Bumdesa, pihaknya lebih fokus membuka unit usaha baru seperti Toko bangunan dan Depor Air isi ulang dan lainnya.

    "Alhmdulillah, dengan laporan MPTB tadi bisa diketahui masyarakat, kami berharap kedepannya Bumdes ini menuju Bumdes Syariah, perlahan-lahan Bunga pinjaman itu kita kurangi. Alhamdulillah dalam tiga tahun ini kita telah lakukan pengurangan bunga dari pinjaman, dengan adanya usahan baru ini tidak lagi mengandalkan pinjaman dari orang lain, tapi kita bisa membuka peluang yang lain," terang Darwadi

    Darwadi juga mengatakan bahwa, hasil dari laba Bumdesa Lestari, pihaknya memberikan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu. Karena selama satu  tahun ini Pengurus BUMdesa Lestari sudah mengelola dengan mendapatkan keuntungan, dari keuntungan itu diberikan kepada masyarakat kurang mampu dengan harapan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

    "Hasil persentase dari keuntungan Bumdesa ini, kami berikan santunan kepada Fakir Miskin, anak yatim, anak usia dini, baik bantuan dalam bentuk uang maupun kebutuhan pokok masyarakat seperti beras susu dan minyak goreng," tutup Darwadi.(Red)



     
    Berita Lainnya :
  • Penuhi Kebutuhan Masyarakat Sekda Rohul Apresiasi Peningkatan Bumdesa Kumain
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Rindu Bersaing, Messi Puji Setinggi Langit Talenta Ronaldo
    02 Olympiakos Vs Arsenal, Gol Tunggal Lacazette Bawa The Gunners Menang
    03 Satukan Persepsi Tanoto Foundation untuk Tingkatkan Pendidikan
    04 Anggota DPRD Riau Gelar Reses
    05 Sukses Fasilitasi Ganti Rugi Jalan Tol, Kementerian PUPR Puji Bupati Kampar
    06 Menaker: Cuti Hamil hingga Cuti Haid untuk Pekerja Tidak Dihapus
    07 Ajaran Pantang Menyerah dan Lawan Rasa Lelah dari Shin Tae-yong
    08 Kecelakaan Lalu lintas Superben Terbalik, Avanza Ringsek
    09 Kecamatan Bangkinang Kota Paparkan Musrenbangcam Prioritas Tahun 2021
    10 Pemain Persija Disambut 'Song of Pride' di Stadion Gelora Delta Sidoarjo
    11 Final Piala Gubernur Jatim 2020, Adu Tajam Da Silva dan Simic pada Laga Persebaya Vs Persija
    12 Pemerintah Indonesia Siapkan Evakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess
    13 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat , Pemda Kuansing Upayakan Harga Karet Di Kuansing Meningkat.
    14 Jokowi ke Riau, HK Klaim Pembangunan Tol Permai Sudah 90 Persen
    15 3.200 Personel Gabungan Siap Amankan Kedatangan Presiden ke Riau
    16 City Menang, Aymeric Laporte Bikin Rekor
    17 Gubri Hadiri Rakornas Investasi 2020
    18 Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) Republik Indonesia mengelar sosialisasi program Per
    19 Ribuan Suporter Antre Tiket Laga Persebaya vs Arema Final Piala Gubernur Jatim
    20 Edwin Pratama Serahkan Usulan Pembangunan Riau ke Menteri PUPR
    21 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    22 Gubernur Riau Pimpinan Rapat Bahas Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA