Ternyata Gaji Koki Kapal Selam yang Pendapatannya Tiga Kali Lipat Gaji Direktur Lho

Posted on

Mungkin kita sering dengar mengenai para pekerja kapal pesiar yang rupanya memiliki gaji yang luar biasa. Namun kalau pekerja kapal laut mungkin jarang yang dengar. Percaya atau tidak, pekerjaan seperti ini memang ada bahkan bisa bikin mereka langsung jadi tajir tujuh turunan.

Namun ternyata di balik semua kekayaan yang bakal mereka dapatkan itu ada perjuangan berat menanti. Mulai dari perjalanan panjang meninggalkan rumah berbulan-bulan hingga resiko nyawa melayang. Akan tetapi kalau mereka berhasil melewatinya, pasti dijamin jadi orang kaya mendadak. Yuk menengok profesi para pekerja kapal selam, terutama para juru masaknya seperti yang dikemukakan Sally Davies si koki submarine.

 

Bukan seorang juru masak biasa

 

Ternyata beban menjadi seorang juru masak biasa memang tidak main-main. Mereka biasanya adalah memang para koki yang memiliki skill handal. Pasalnya dalam kapal selam sendiri punya aturan yang lumayan ketat. Bayangkan saja, para koki ini tidak boleh menggunakan peralatan masak yang mengakibatkan kegaduhan, inilah yang jadi tantangan utama.
Pasalnya jika sekali saja ada suara keras semisal benturan peralatan yang terjadi, maka sonar akan segera mendeteksinya. Oleh sebab itu kepintaran para juru masak itulah yang diuji. Selain itu mereka juga tidak boleh menjadi pelupa, pasalnya saat di bawah air, para juru masak inilah sang pengingat waktu. Ya, jika para koki menyuguhkan kare, berarti saat itulah hari Rabu. Mau bagaimana lagi, peralatan yang mereka bawa terbatas, dan tidak ada sinar matahari.

Pergi dari rumah dalam waktu yang sangat lama

Sebenarnya menjadi juru masak kapal selam sejatinya hampir sama dengan para pekerja di kapal pesiar, ya perjalanan yang panjang meninggalkan rumah. Seperti yang diketahui untuk pekerjaan macam ini perlu waktu hingga berbulan-bulan hingga pulang kembali ke rumah, namun bedanya kalau di kapal selam ini penderitaannya jauh berbeda, pasalnya hampir setiap hari tidak bisa melihat matahari.
Mau bagaimana lagi, kanan, kiri, atas, bawah semua hanyalah air laut. Yang lebih nyesek dari pekerjaan ini adalah sulitnya kontak dengan keluarga, mending sih kalau kapal pesiar masih bisa kirim email bahkan menelpon kalau ada sinyal, lah kalau di kapal selam, gak mungkin kayaknya.

Resiko kematian bisa saja menanti

Rupanya resiko lain yang dihadapi oleh para juru masak kapal selam ini adalah masalah kematian. Berada di dalam laut pastinya bakal banyak bahaya yang bisa saja datang. Mulai dari serangan dari kapal serang musuh yang bisa saja datang atau tabrakan dengan karang hingga bocor kapal.
Oleh sebab itu para tukang masak kapal selam ini perlu memiliki beberapa skill berlebih semisal penukangan atau enginer supaya saat keadaan berbahaya mereka bisa membantu yang lain. Namun ya mau bagaimana lagi, kalau namanya kapal selam memang tujuannya dibuat untuk perang jadi wajar kalau rawan bahaya.

Namun bayaran banyak akan siap menanti

Rupanya di balik segala penderitaan itu tentunya hasil yang didapatkan ternyata sebanding pula. Ya, gaji seorang juru masak kapal selam ternyata bisa mencapai $58 ribu atau setara dengan Rp 783 juta rupiah per tahunnya. Menurut Sally Davies salah satu juru masak selam di HMS Turbulent, kapal selam milik angkatan laut Inggris, mengaku bayaran itu masih belum semuanya.
Ya, rupanya para juru masa itu masih diberikan berbagai sumbangan, alhasil kalau ditotal upah yang didapat ketika bekerja di laut itu bisa mencapai $200.000 pertahunnya. Banyak memang, jelas sebanding dengan penderitaannya.
Memang rupanya di balik segala perjuangan yang super berat ini masih ada bayaran besar yang menanti. Tapi ya pasti kalau mau jadi seperti mereka harus berpikir berkali-kali. Soalnya hanya dia yang punya mental kuat yang bisa bertahan.

sumber: boombastis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *