Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Hadiri Senior Level Meeting, Kapolri Tekankan Densus 88 Kembangkan Kemampuan
Kamis, 17-02-2022 - 09:36:46 WIB
Hadiri Senior Level Meeting, Kapolri Tekankan Densus 88 Kembangkan Kemampuan Hadapi Tantangan
TERKAIT:
   
 

Bali, LIPUTANONLINE.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberikan pengarahan di acara Senior Level Meeting Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Bali. Sigit berbicara soal optimalisasi peran stakeholders dan Counterparts yang sinergis dalam rangka penanganan terorisme di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit menyebut bahwa, akan mengembangkan struktur organisasi Densus 88 Antiteror Polri dalam rangka semakin mengoptimalkan peran dari pencegahan dan penegakan hukum terhadap tindak pidana kejahatan terorisme di Indonesia.

"Sejalan dengan tantangan yang meningkat dan semakin kompleks, maka Pemerintah setuju terhadap usulan kita pengembangan struktur Densus 88 Antireror Polri. Alhamdulilah Perpres ditandatangani dan saat ini kita memiliki lima bintang satu. Dan harapan kita tak berhenti dan kita akan kembangkan. Jumlah personel 3.701, saya harapkan berkembang dan bisa dua kali lipat. Sehingga rekan-rekan memiliki kekuatan yang cukup termasuk anggaran, sarana dan prasarana juga ditingkatkan, demikian juga kemampuan yang dimiliki rekan-rekan," kata Sigit dalam kegiatan itu, Rabu (16/2/2022).

Lebih dalam, selain di skala nasional, Sigit meminta Densus 88 Antiteror Polri juga harus melakukan pemantauan perkembangan terorisme Internasional.Sehingga, lanjut Sigit, kedepannya detasemen berlambang burung hantu itu akan bisa beradaptasi dan mengembangkan kemampuan untuk menghadapi segala bentuk tantangan yang ada kedepannya.

Tantangan yang harus segera dijawab, menurut Sigit adalah beradaptasi dengan pesatnya kemajuan perkembangan teknologi informasi (TI). Meskipun hal itu disatu sisi positif, namun di bagian lain, terkadang dapat dimanfaatkan oleh para kelompok terorisme.

Oleh karenanya, Sigit mengungkapkan, Densus 88 Antiteror Polri harus bisa bersinergi serta bekerjasama dengan seluruh institusi terkait di dalam negeri, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun dengan negara lain. Menurutnya, hal tersebut semakin memaksimalkan pencegahan dan penindakan terhadap seluruh jaringan terorisme.

"Rekan-rekan harus siap menghadapi perubahan. Dan kuncinya belajar meningkatkan kemampuan rekan-rekan, mengembangkan organisasi Densus 88, menambah kapasitas personel. Dan saya yakin sejarah membuktikan rekan-rekan mampu walaupun dinamika terjadi," tutur Sigit.

Terkait kinerja Densus 88 Antireror Polri selama ini, Sigit memaparkan bahwa, hal itu telah memengaruhi penurunan indeks terorisme sebanyak 52,22 persen yang dimana target dari RPJMN sebesar 54,36 persen. Tak hanya itu, hal itu juga berdampak pada indeks risiko pelaku terorisme yang saat ini berada di angka 30,29 persen dari target RPJMN 2020-2024 senilai 38,14 persen.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga menyatakan, kerja keras dari Densus 88 telah memberikan Multiplier Effect untuk Bangsa Indonesia. Dimana, hal itu berdampak pada meningkatnya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).  

"Tentunya stabilitas kamtibmas ini menjadi modal dasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena salah satu modal investasi baik asing dan dalam negeri. Ini melihat paramater salah satunya bagaimana suatu negara menjaga stabilitas kamtibmasnya," ujar eks Kapolda Banten tersebut.

Diketahui, di tahun 2020 Densus 88 telah menangkap 232 tersangka kasus terorisme. Sementara, sepanjang tahun 2021 setidaknya sudah ada penangkapan tersangka terorisme sebanyak 370 orang. Tak hanya itu, Densus 88 Antiteror Polri juga telah melakukan penegakan hukum terhadap kelompok teroris di Poso, saat ini kelompok tersebut tersisa tiga orang DPO dan masih terus dilakukan pengejaran.

Dihadapan personel Densus 88, Sigit juga menyampaikan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan menjaga stabilitas kamtibmas di tahun 2022. Mengingat, tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam berbagai macam agenda nasional maupun internasional. Diantaranya, adalah MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB hingga rangkaian Presidensi G20.

Presiden Jokowi, kata Sigit, telah menekankan bahwa event internasional dan nasional harus dipastikan berjalan dengan aman dan lancar. Mengingat, hal itu untuk menjaga kehormatan dan kepercayaan Bangsa Indonesia di mata dunia. Sehingga, Sigit menegaskan, dalam seluruh perhelatan harus dipastikan tidak terjadi aksi teror sekecil apapun.

"Jadi ini arahan Bapak Presiden yang tentunya pesan ini amanah bagi institusi Polri dan secara khusus untuk rekan-rekan yang tergabung dalam Densus 88 Antiteror Polri untuk menjaga agar selama proses event tersebut tidak ada serangan teror sekecil apapun. Karena ini menyangkut kesuksesan Indonesia di dalam menyelenggarakan event internasional. Dimana kalau aman dan lancar akan mengharumkan nama Indonesia di mata internasional," ucap Sigit.

Pada kesempatan ini, Sigit juga menyebut telah memberikan reward kepada jajaram Densus 88 Antiteror Polri yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk bangsa ini. Di tahun 2020 penghargaan dalam bentuk KPLB diberikan kepada 47 personel. Sementara satu orang KPLBA.

Sedangkan di tahun 2021, terdapat 53 personel yang mendapat KPLB. Disisi lain, pada tahun 2020, 45 personel mendapatkan penghargaan untuk mengikuti berbagai macam pendidikan. Sedangkan, di tahun 2021, 63 jajaran berkesempatan mengikuti pendidikan. Untuk tahun 2022, ada 22 personel yang meraih pendidikan. Lalu, 74 pin emas telah diberikan Kapolri sepanjang tahun 2021.

"Saya terus berkomitmen untuk memberikan apresiasi dan reward kepada personel yang telah meraih banyak prestasi dan menjadi kebanggaan institusi, masyarakat, negara dan kebanggaan Indonesia di mata internasional," Tutup Sigit.(**/Zu)




 
Berita Lainnya :
  • Secara Virtual Kemendagri Buka Rakor Inspektur Se-Indonesia di Hadiri Wabup dan Kapolres Rohul
  • Kelmi Amri Hadiri Penutupan Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023
  • Diduga Dana Desa Belum Terealisasi,Kades Kampung Baru Kurniawan Disorot Warga
  • Budiman Lubis Terima SK Menakhodai Pengurus DPC Gerindra Rohul Sukiman Turun Tahta
  • Tingkatkan SDM, Pemkab Siak-UGM Jalin Kerjasama
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Secara Virtual Kemendagri Buka Rakor Inspektur Se-Indonesia di Hadiri Wabup dan Kapolres Rohul
    02 Kelmi Amri Hadiri Penutupan Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023
    03 Diduga Dana Desa Belum Terealisasi,Kades Kampung Baru Kurniawan Disorot Warga
    04 Budiman Lubis Terima SK Menakhodai Pengurus DPC Gerindra Rohul Sukiman Turun Tahta
    05 Tingkatkan SDM, Pemkab Siak-UGM Jalin Kerjasama
    06 Wabup Kunker Penanaman Jagung Desa Sei Kuning,Ajak Warga Desa Sei Kuning Senam Sehat Bersama
    07 Tentang Kode Etik Tata Tertib DPRD Rohil,Pansus II DPRD Rohil Kembali Pembahasan Ranperda
    08 Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023,Bupati Rohul: Siap Komitmen Ikuti Arahan Presiden
    09 Gubri Lantik Pengurus DHC 45 Rohul,H.Sukiman:Semoga Menjadi Pelopor Penerus Perjuangan Pahlawan
    10 Akibat Debu Berhamburan, Sejumlah Warung Ditutup
    11 Plt Bupati Kuansing Gelar Dialog Bersama Tokoh Masyarakat Dan Pengurus IKKS
    12 Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem Bupati Alfedri Target 2024 Nol Persen
    13 PLT Bupati Kuansing Tekankan Saat Pelantikan Eselon lll,IV Yoyalitas dan Kekompakan Menjadi Warning
    14 Bentuk Tim Kecil Kelola Sampah di TPA Muara Fajar,Pemko Segera Beri Keputusan Proposal PT Mars
    15 Tanda Tangani Pj Walikota Pekanbaru Serah Terima Jabatan Kepala Satpol PP,Laksanakan 3 Tugas Penting
    16 Terkesan Tertutup Saat Mengkonfirmasi Awak Media Kebakaran di SPBU Kebun Nenas Desa Jake
    17 Komit Pemko Pekanbaru Tingkatkan Budaya Kerja Berintegritas, Bersih dan Melayani
    18 Jalan Lintas PT SIR Resmikan Gubernur Riau,Arief Setiawan Ungkapkan Jarak Tempuh 1.5 Jam
    19 Pemerintah Pekanbaru Lakukan Berbagai Upaya Kendalikan Inflasi di Momen Nataru
    20 Peninjauan Rumah Ibadah Perayaan Natal Pj Wali Kota Pekanbaru, Pastikan Berjalan Dengan Baik
    21 Praktik Pencurian Uang Negara Melalui Poyek Pembangunan Infrastruktur
    22 Ratusan Calon Penumpang Kapal Menuju Nias Terlantar di Pelabuhan Sibolga,Calon Tiket Berkeliaran
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA