Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
PUPR Kampar Saling Melempar Jawaban, Saat Wartawan Konfirmasi Dugaan Korupsi
Jumat, 23-12-2022 - 10:49:53 WIB
PUPR Kampar Saling Melempar Jawaban, Saat Wartawan Konfirmasi Dugaan Korupsi
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, LIPUTANONLINE.COM - Kegiatan Pembangunan Jalan Penghidupan-Bina Baru dan Jalan Poros Karya Bakti,Aspal. Kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar pada tahun anggaran 2020, rekanan CV.MORIN MAJU JAYA diduga kuat telah terjadi tindak pidana korupsi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sesuai hasil investigasi tim LSM dan Wartawan dilapangan dengan mengacu dokumen pentunjuk teknis dilapangan, diduga kuat pelaksanaan kegiatan telah terjadi pengurangan volume kerja di Jalan Penghidupan-Bina Baru dan Jalan Poros Karya Bakti, Aspal.

Tim LSM bersama rekannya menyampaikan, "Kegiatan Pembangunan Jalan Wilayah V ini, pengaspalan Jalan Penghidupan–Bina Baru dan Jalan Poros Karya Bakti, sepanjang 1,850 KM anggaran APBD Kabupaten Kampar Tahun 2020 dengan pagu anggaran Rp4.500.000.000,00, penawaran pihak rekanan CV.MORIN MAJU JAYA sebesar Rp 4.228.634.110,18,- Lokasi Pekerjaan Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, diduga bahwa dalam pelaksana kegiatan tersebut tidak sesuai perencanaan dari awal, maka dari itu akan kita laporkan kegiatan ini dipihak Kejati Riau dan beberapa Instansi lainnya menyangkut kegiatan ini".

Sesuai hasil investigasi tim LSM dan Wartawan dilapangan, ditemukan yang dikerjakan hanya sekitar 1,200 Km. Maka dengan adanya indikasi pengurangan volume pekerjaan, otomatis akan berdampak terhadap berkurangnya material yang digunakan.

Material yang digunakan seperti Timbunan Pilihan, Base B, Base A serta material aspal AC-WC. Selain itu, dilapangan bahwa tanah eksisting sebelum pekerjaan ini dilakukan sudah ada timbunan base dan sebagian bekas aspal Sehingga selisih antara tanah dasar dengan aspal baru 35 cm karena adanya pekerjaan Base B dan Base A.

Tetapi fakta dilapangan hanya sekitar 15 cm,sehingga kita simpulkan pekerjaan base B tidak dilaksanakan.

Selanjutnya pekerjaan timbunan pilihan untuk bahu jalan, juga tidak terlihat tanda dilaksanakan dilapangan.

Kami menduga dalam kegiatan proyek ini dapat menyebabkan kerugian terhadap negara yang cukup besar. Khusus untuk proyek ini diduga telah terjadi kerugian negara mencapai  Rp 2.199.226.000. Sebagai mana Dokumen pentunjuk yang kita peroleh dilapangan.Pengkasnya Tim LSM.

Melalui Kabid PUPR Afrudin Amga Kampar saat dikonfirmasi kegiatan tersebut melalui komunikasi selulernya (17/12/22) menyampaikan,"nanti saya sampaikan kepada PPTK nya biar dia yang menjawab kegiatan ini, pekerjaan ini tahun 2020 saya kurang tau biar PPTK nya aja nanti, hari senen abg janji cari PPK nya.Pungkasnya melalui Whatsappnya.

Tim LSM tidak puas konfirmasi memalui Kabid PUPR diteruskan kepada Kepala Dinas PUPR AFDAL, ST (22/12/2022) melalui komunikasi Selulernya Whatsapp, tidak ada tanggapan sama sekali hanya melihat dan dibaca saja, hingga berita ini diterbitkan.

Selain kegiatan ini beberapa kegiatan lain yang sudah pernah diterbitkan beberapa media Suarapersada.com pada (18/11/22) sebagaimana hasil temuan Investigasi SPKN dilapangan.

Seperti Proyek Pembangunan Jalan Wilayah V untuk Pekerjaan Jalan Bina Baru–(Sp.Tugu)–Koto Damai, Jalan Lubuk Sakai (Sp.Tugu)-Bina Baru (Sp.Tugu) Dan Jalan Bina Baru (Sp.Tugu)–Bukit Sakai.

Pengaspalan sepanjang 3, 150 km yang juga di danai APBD Kampar TA 2020. Dengan Pagu anggaran sebesar Rp6.500.000.000,00,- yang dimenangkan oleh salah satu kontraktor dengan harga penawaran terkoreksi adalah Rp 6.309.281.633,60,

Temuan tim investigasi SPKN dilapangan bahwa tanah eksisting sebelum pekerjaan ini dilakukan sudah ada timbunan base dan sebagian adalah bekas aspal lama sehingga selisih antara tanah dasar atau timbunan lama dengan aspal baru yang seharusnya 35 cm karena adanya pekerjaan base B dan base A tetapi kenyataan dilapangan hanya lebih kurang 15 cm sehingga kita simpulkan pekerjaan base B tidak dilaksanakan.

Selanjutnya pekerjaan timbunan pilihan untuk timbunan bahu jalan  juga tidak terlihat adanya dikerjakan, urai Romi Frans.

Kami menduga  dalam proyek ini berpotensi merugikan uang negara dari Nilai kerugian negara dari berkurangnya material Base B serta Timbunan pilihan untuk bahu jalan. Sehingga kami menduga sesuai perhitungan kami, dalam kegiatan ini terindikasi kerugian negara sebesar Rp1.723.114.500,-beber nya.

2.Pembangunan Jalan Wilayah V untuk Pekerjaan Jalan Lubuk Sakai–Utama Karya Dan Jalan Mayang Pongkai–Lubuk Sakai (Sp.Tugu) dengan Panjang pekerjaan aspal yang dilaksanakan pada proyek ini  2, 200 Km. Juga di danai dari APBD Kampar dengan Pagu anggaran sebesar Rp4.500.000.000,00,- yang dimenangkan oleh salah satu kontraktor dengan harga penawaran terkoreksi Rp 4.230.792.6072,19.-

Dalam kegiatan ini, kami juga menduga telah terjadi kerugian negara, dari beberapa item pekerjaan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan yang di tetapkan dalam kontrak.

Yakni, hamparan base B dan base A yang seharusnya dengan ketebalan 35 Cm, tetapi kenyataan dilapangan hanya lebih kurang 15 cm. Begitu juga dengan pekerjaan timbunan pilihan untuk timbunan bahu jalan terindikasi tidak dilaksanakan, terangnya.

Maka dengan adanya temuan ini, SPKN menduga telah terjadi kerugian uang negara sekitar Rp. 1.035.670.200, ujar nya.

Ditegaskan Romi Frans, apa yang kami sampaikan merupakan hasil investigasi tim SPKN dilapangan dan bisa di pertanggung jawabkan. Begitu juga dengan nilai nominal dugaan kerugian uang negara yang kami sampaikan untuk masing- masing proyek.“Dugaan kerugian negara tersebut berdasarkan hasil hitungan tim yang nantinya akan kami uraikan secara rinci”, kata Romi Frans.

Ia menambahkan, saat ini kami tengah mempersiapkan data-data hasil temuan beserta dokumen proyek yang kami miliki. Minggu depan akan kami laporkan ke Kejaksaan Tinggi Riau, tutup Romi Frans.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kampar, Afdal,ST yang dimintai komentarnya, Jumat (18/11/2022) melalaui media suarapersada.com menjelaskan, Pekerjaan dan pelaksanaan sesuai kontrak dan berjalan dengan baik mesti ada Audit BPK,Pungkasnya.(Tim)


Editor   :Rius H.
Sumber:Suarapersada.com




 
Berita Lainnya :
  • Secara Virtual Kemendagri Buka Rakor Inspektur Se-Indonesia di Hadiri Wabup dan Kapolres Rohul
  • Kelmi Amri Hadiri Penutupan Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023
  • Diduga Dana Desa Belum Terealisasi,Kades Kampung Baru Kurniawan Disorot Warga
  • Budiman Lubis Terima SK Menakhodai Pengurus DPC Gerindra Rohul Sukiman Turun Tahta
  • Tingkatkan SDM, Pemkab Siak-UGM Jalin Kerjasama
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Secara Virtual Kemendagri Buka Rakor Inspektur Se-Indonesia di Hadiri Wabup dan Kapolres Rohul
    02 Kelmi Amri Hadiri Penutupan Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023
    03 Diduga Dana Desa Belum Terealisasi,Kades Kampung Baru Kurniawan Disorot Warga
    04 Budiman Lubis Terima SK Menakhodai Pengurus DPC Gerindra Rohul Sukiman Turun Tahta
    05 Tingkatkan SDM, Pemkab Siak-UGM Jalin Kerjasama
    06 Wabup Kunker Penanaman Jagung Desa Sei Kuning,Ajak Warga Desa Sei Kuning Senam Sehat Bersama
    07 Tentang Kode Etik Tata Tertib DPRD Rohil,Pansus II DPRD Rohil Kembali Pembahasan Ranperda
    08 Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023,Bupati Rohul: Siap Komitmen Ikuti Arahan Presiden
    09 Gubri Lantik Pengurus DHC 45 Rohul,H.Sukiman:Semoga Menjadi Pelopor Penerus Perjuangan Pahlawan
    10 Akibat Debu Berhamburan, Sejumlah Warung Ditutup
    11 Plt Bupati Kuansing Gelar Dialog Bersama Tokoh Masyarakat Dan Pengurus IKKS
    12 Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem Bupati Alfedri Target 2024 Nol Persen
    13 PLT Bupati Kuansing Tekankan Saat Pelantikan Eselon lll,IV Yoyalitas dan Kekompakan Menjadi Warning
    14 Bentuk Tim Kecil Kelola Sampah di TPA Muara Fajar,Pemko Segera Beri Keputusan Proposal PT Mars
    15 Tanda Tangani Pj Walikota Pekanbaru Serah Terima Jabatan Kepala Satpol PP,Laksanakan 3 Tugas Penting
    16 Terkesan Tertutup Saat Mengkonfirmasi Awak Media Kebakaran di SPBU Kebun Nenas Desa Jake
    17 Komit Pemko Pekanbaru Tingkatkan Budaya Kerja Berintegritas, Bersih dan Melayani
    18 Jalan Lintas PT SIR Resmikan Gubernur Riau,Arief Setiawan Ungkapkan Jarak Tempuh 1.5 Jam
    19 Pemerintah Pekanbaru Lakukan Berbagai Upaya Kendalikan Inflasi di Momen Nataru
    20 Peninjauan Rumah Ibadah Perayaan Natal Pj Wali Kota Pekanbaru, Pastikan Berjalan Dengan Baik
    21 Praktik Pencurian Uang Negara Melalui Poyek Pembangunan Infrastruktur
    22 Ratusan Calon Penumpang Kapal Menuju Nias Terlantar di Pelabuhan Sibolga,Calon Tiket Berkeliaran
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA