Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Kabupaten Bengkalis Utusan Riau Pada Penilaian PPD Nasional Masuk Nominasi 16 Besar se-Indonesia
Selasa, 14-03-2023 - 11:32:24 WIB
TERKAIT:
   
 

JAKARTA, Liputanonline.com - Masuk nominasi 16 besar se-Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjadi duta Provinsi Riau pada ajang penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappenas Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, pada ajang penilaian PPD tingkat nasional, Pemkab Bengkalis masuk nominasi 16 besar se-Indonesia. Makanya hari ini, kami bersama tim memberikan pemaparan di hadapan tim penguji," ungkap Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, Selasa 14 Maret 2023.

Setelah didaulat sebagai utusan dari provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini, tim Pemkab Bengkalis Selasa 14 Maret 2023, memberikan pemaparan di depan tim penguji dari Bappenas dan tim independen. Tim terdiri dari Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kominfotik, Balitbang dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis.


Agar Kabupaten Bengkalis selaku utusan Propinsi Riau meraih prestasi gemilang, Rinto mengharapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat Negeri Junjungan dan Propinsi Riau pada umum. "Mohon doa dan dukungan, agar kami mampu mengharumkan Kabupaten Bengkalis dan Propinsi Riau," ujar Rinto.

Seperti diketahui, kriteria penilaian PPD mencakup 21 indikator terbagi 4 aspek. Untuk aspek  penilaian pembangunan bobot nilai 30 persen dengan 10 indikator, meliputi pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik, keamanan dan ketertiban, transparansi  dan akuntabilitas, pengelolaan keuangan.

Kemudian aspek kualitas dokumen RKPD bobot nilai 20 persen dengan 4 indikator. Aspek proses penyusunan dokumen RKPD, bobot nilai 30 persen, dengan 4 indikator. Terakhir aspek inovasi, bobot nilai 20 persen dengan 4 indikator.

Terkait aspek inovasi, Kabupaten Bengkalis mengusung inovasi aplikasi SIYAP BERMASA, yang dimanfaatkan Dinas Sosial untuk penyaluran bantuan pangan non tunai.

Adapun Tim penguji pada ajang penilaian PPD ini, terdiri dari Tim Penguji Utama (TPU) Drs. Sumardi Andono Mulyo, MA. Ph.d, dan Tim Penguji Independen (TPI) yakni Ir. Syahrial Loetan, MCP, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M. Ec dan Dr. Avianti Fontana.

Di hadapan tim penguji, Kepala Bappeda Bengkalis Rinto memaparkan kondisi Kabupaten Bengkalis, mulai dari gambaran umum daerah, mengulas kembali delapan program unggulan, capaian pembangunan tahun 2021-2022.

Tak hanya itu, turut dipapar tentang pelayanan publik dan pengelolaan Keuangan Negeri Junjungan, transparansi dan akuntabilitas, aspek pencapaian tujuan pertumbuhan ekonomi dan inovasi daerah yakni pelayanan penyaluran bantuan pangan non tunai yang memanfaatkan aplikasi Siyap Bermasa.

Pada kesempatan itu Rinto menyinggung tentang indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Bengkalis mencapai angka 74,38 atau di atas nasional pada angka 72,91dan propinsi Riau 73,52. Begitu juga dengan pelayanan publik, yakni Indek Kepuasan Masyarakat (IPM) berada posisi 86,90.

Turut mendampingi Kepala Bappeda pada pemaparan tahap ketiga di Jakarta, Kepala Dinas Sosial Bengkalis Martini, Kepala Dinas Kominfotik diwakili Sekretaris Adi Sutrisno, Kepala Badan Pusat Statistik Hari Prasetyo, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Andrius, Analis Pemanfaatan IPTEK dari Balitbang Ari Pranata.

Di hadapan penguji, terdahulu tim Pemkab Bengkalis menayangkan secara singkat profil Kabupaten Bengkalis, visi 2021-2026, delapan program unggulan, serta inovasi Siyap Bermasa dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis yang menunjang program Kartu Bengkalis Sejahtera.

Terkait inovasi program satu miliar satu desa,l/kelurahan dijelaskan Rinto merupakan salah satu dari delapan unggulan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso. Melalui program ini, pemerintah desa didorong mendorong membangun desa melalui pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur, sehingga mampu mengentaskan kemiskinan, penurunan stunting dan pertumbuhan ekonomi desa.

"Program satu miliar satu desa ini, berbeda dengan ADD maupun DD, sehingga memperkuat desa-desa di kabupaten Bengkalis," ungkap Rinto.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Martini, memapar tentang program bantuan untuk masyarakat kurang mampu atau miskin dengan memanfaatkan aplikasi Siyap Bermasa.

Sejauh ini Pemkab Bengkalis telah memberikan bantuan kepada  15.555 keluarga penerima manfaat (KPM) program bantuan pangan non tunai. Seluruh KPM dilayani dengan menggunakan Kartu Bengkalis Sejahtera dengan memanfaatkan Siyap Bermasa.

Tim penguji mempertanyakan tentang anomali angka pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran. Terkait hal ini Kepala BPS Kabupaten Bengkalis menjelaskan pertumbuhan ekonomi (tanpa memasukan unsur migas) mencapai 4,33 persen. Jika dimasukan unsur pertumbuhan migas mencapai 2,2 persen.

Selanjut dalam hal peta inovasi daerah seperti halnya inovasi aplikasi Siyap Bermasa, dijelaskan Ari Pranata, sejauh ini Pemkab Bengkalis telah memfasilitasi pemberian anugerah kepada Perangkat Daerah maupun desa untuk berinovasi.#DISKOMINFOTIK

Editor:Redaksi




 
Berita Lainnya :
  • Ribuan Benih Ikan Kakap Putih di Kembangkan Pemkab Meranti di KJA Desa Sialang Pasung
  • Masyarakat Kampar Ikut Serta Dalam Penanaman Seribu Pohon
  • Polres Pekanbaru Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba
  • Kapolda Lampung Resmikan Rehabilitas SMA dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan TK Bhayangkari
  • DWP Kota Pekanbaru Menggelar Sosialisasi Mengenai Penyimpangan Seksual
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ribuan Benih Ikan Kakap Putih di Kembangkan Pemkab Meranti di KJA Desa Sialang Pasung
    02 Masyarakat Kampar Ikut Serta Dalam Penanaman Seribu Pohon
    03 Polres Pekanbaru Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba
    04 Kapolda Lampung Resmikan Rehabilitas SMA dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan TK Bhayangkari
    05 DWP Kota Pekanbaru Menggelar Sosialisasi Mengenai Penyimpangan Seksual
    06 Bupati Meranti Menghadiri Silahturahmi Dalam Rangka Purna Tugas Gubernur Riau
    07 Bupati Meranti Mengunjungi Kantor Konsulat Malaysia di Pekanbaru
    08 Bupati Kuansing Mengapresiasi Atas Dedikasi Gubernur Provinsi Riau
    09 Kapolres AKBP Meranti,Pastikan Rapat Pleno PPK di Kecamatan Tebingtinggi Barat Berjalan Aman
    10 Asisten III Rohil Buka Secara Resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan
    11 Asisten I Hadiri Pembukaan Jambore PKK dan BKTM Tingkat Kecamatan Kulim
    12 DLHK Kota Pekanbaru Mencanangkan Reduksi Sampah
    13 HPN ke 78,Wabub Indra Gunawan Bersama wartawan Rohul Serahkan Santunan Kepada Anak Yatim
    14 Sekdako Pekanbaru Menerima Kunjungan Perwakilan Kedutaan Besar Polandia
    15 Pemko Pekanbaru Mempersiapkan Diskusi Publik Untuk Pembangunan MPP
    16 Pemkab Meranti Mengapresiasi Pelatihan Application Mobile Tingkat SMP/MTs
    17 Sekda Meranti Pimpin Rapat Koordinasi Desa/Kelurahan Lokus Percepatan Penurunan Stunting
    18 Bupati Kuansing Sambut Kedatangan Tim BPK untuk Melakukan Entry Meeting
    19 Buka Musrenbang Kecamatan, Pj Bupati Upayakan Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat Terakomodir
    20 Harga Sembako Meninggi, Pemerintah Terus Lakukan Upaya
    21 Kementerian PUPR ganti rugi lahan Pemkot Pekanbaru
    22 AKBP Kurnia Beserta Rombongan Tinjau Langsung Kebakaran di Desa Bandul,Kecamatan Tasik Puttri Puyu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA