Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
ADVERTORIAL
Sejumlah Tempat Wisata di Rokan Hilir Yang Paling Hits dan Terbaru, Wajib Anda Kunjungi!
Sabtu, 08-04-2023 - 23:24:32 WIB
Sejumlah Tempat Wisata di Rokan Hilir Yang Paling Hits dan Terbaru, Wajib Anda Kunjungi!
TERKAIT:
   
 

ROHIL, Liputanonline.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau dikenal memiliki sejumlah tempat wisata yang paling hits dan wajib untuk anda kunjungi jika berkunjung ke daerah sini.


Memiliki luas wilayah sekitar 8.881 KM² persegi, Kabupaten Rokan Hilir menjadi salah satu kabupaten kota se Provinsi Riau yang terkenal sebagai kota bersejarah dan memiliki ragam budayanya yang cukup kental.


Kabupaten Rokan Hilir berjuluk Negeri Seribu Kubah dengan Ibukotanya bernama Bagansiapiapi, sebuah kota kecil terletak di muara Sungai Rokan, di pesisir utara Kabupaten Rokan Hilir memiliki tempat yang strategis karena berdekatan dengan Selat Malaka yang merupakan lalu lintas Internasional.


Selain sebagai Ibukotanya Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi juga merupakan Ibukotanya Kecamatan Bangko.


Dikenal memiliki sejumlah tempat wisata yang paling hits di Provinsi Riau yang wajib dikunjungi, Kabupaten Rokan Hilir Ibukota Bagansiapiapi juga pernah menyandang gelar sebagai kota penghasilan ikan terbesar di Indonesia dan kedua di dunia setelah kota Bergen di Norwegia. (sumber: surat kabar De Indische Mercuur 1928).


Sejumlah tempat wisata terbaik di Kabupaten Rokan Hilir yang paling hits, wajib anda kunjungi!


Penasaran? Ayo lihat sejumlah destinasi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yang telah di rangkum oleh Media Pesisir News


1. Pulau Jemur



Tempat destinasi wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang pertama dirangkum adalah  Pulau Jemur.


Pulau Jemur adalah sebuah pulau yang memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah yang terletak lebih kurang 44 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.


Pulau Jemur juga dikenal memiliki kekayaan hasil lautnya, dihuni oleh spesies Penyu, dimana pada musim tertentu Penyu Penyu itu naik ke permukaan pantai Pulau Jemur untuk bertelur, satwa langka Ini diperkirakan dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.


Pulau Jemur terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. di pulau ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan gugusan pulau pulau yang tersebar dibeberapa lokasi. Babatuan besar yang menjulang tinggi dan berada di bibir pantai juga menambahkan keindahan bagi pulau ini.


Pulau Jemur dilengkapi pula dengan goa Jepang, perigi tulang, menara suar, batu panglima layar dan pantau sehingga pulau Jemur mampu memanjakan para wisatawan dengan baik yang pergi ke lokasi wisata tersebut. Pulau jemur menyuguhkan estetika keindahakan alam khas pantai dengan dilengkapi banyak bangunan bersejarah yang menambah keindahakan Pulau Jemur ini.


Tak kalah menariknya, keberadaan pasir kuning serta air laut yang membiru juga ikut menghiasi pulau jemur, selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan pulau ini dari ketinggian dengan menaiki anak tangga.


Untuk mencapai pulau satu ini, kamu harus menempuh perjalanan laut selama 1,5 jam menggunakan speed boat, selain sebagai objek wisata Pulau Jemur ini juga menjadi batas perairan antara Indonesia dengan Malaysia, loh!


Penasaran melihat keindahan Pulau Jemur ini, mari berkunjung ke Rokan Hilir.!i


2. Hutan Kota Bagansiapiapi



Tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir selanjutnya yang kedua dikunjungi adalah Kawasan Hutan Kota Bagansiapiapi.


Kawasan Hutan Kota Bagansiapiapi ini terletak di pusat jantung Ibukota, yakni di jalan lintas Kecamatan, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi.


Tak kalah menariknya dengan keberadaan hutan kota yang lain, Hutan Kota Bagansiapiapi saat ini menjadi salah satu ikon wisata baru di ibukota Rohil sebagai tempat paling favorit yang banyak dikunjungi oleh masyarakat daerah maupun dari luar daerah untuk berlibur bersama Keluarga, kerabat dan anak anak muda, lho!


Memiki luas area kurang lebih seluas 7 hektare, Kawasan Hutan Kota Bagansiapiapi ini memiliki keindahan dan kesejukan hutan alami dengan ratusan pepohonan, serta dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti  tempat bermain anak anak, ruang terbuka, air mancur menari, kolam ikan, jogging track,  bebek dayung, lapangan perkir yang luas serta panggung musik dan rumah pohon.


Untuk masuk ke kawasan Hutan Kota ini kalian tidak akan dipinggut biaya uang masuk atau tiket alias gratis, lho.!!! ayo buruan rekreasi ke sini.


3. Panipahan Kota Terapung di Atas Laut



Selanjutnya tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang tidak kalah menarik yang wajib kalian kunjungi yakni Kota Panipahan yang dikenal julukan sebagai Kota Terapung.


Panipahan adalah sebuah kota terapung diatas laut yang terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.


Untuk mencapai Panipahan, wisatawan harus menaiki speedboat atau Kapal Ferry dari Pelabuhan Bagansiapiapi dengan jarak tempuh yang cukup panjang yakni sekitar 1,5 jam perjalanan jalur laut.


Dijuluki sebagai kota terapung lantaran Panipahan memiliki rumah rumah yang bener bener dibangun diatas perairan yang disangga kaki kayu atau batu yang cukup kuat.


Bangunan rumah warga di Panipahan cukup sederhana namun memukau mata karena seperti berada di atas air.


Selain itu, Panipahan juga dikenal dengan hasil lautnya yang kaya, seperti kerang batu, kepiting, enjong, eko, cumi cumi, udang dan Kopah. jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh oleh dari ciri khas kota terapung.


Hal inilah yang menjadikan Kota Panipahan yang dijuluki sebagai kota terapung sebagai salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang wajib kalian kunjungi.


4. Tempat Wisata Pesisir Sungai Rokan Batu Enam Bagansiapiapi



Kawasan wisata selanjutnya yang wajib kalian kunjungi di Ibukota Kabupaten Rokan Hilir adalah Kawasan Taman di sepanjang pesisir Sungai Rokan di Batu Enam Bagansiapiapi.


Keindahan lokasi taman sepanjang bibir Sungai Rokan ini tidak bisa dipungkiri oleh mata yang mana memiliki konsep menyerupai pembangunan pusat pemerintahan Putera Jaya di Malaysia.


Konsep ini memadukan antara pusat pemerintahan, Kawasan wisata dan Kawasan bermain, dengan penataan sedemikian rupa, sehingga saat ini bisa dikatakan Batu Enam menjadi Kawasan water front city terbaik yang ada di Riau.


Beberapa patung dan tugu yang bisa anda jadikan momen berharga selfy atau photo bareng keluarga dilokasi ini, misalnya adalah patung tugu Elang besar yang lagi mencengkram ikan, patung ini berdiri tegap tepatnya didepan Kantor Bupati termegah di Indonesia. arsitekturnya berwarna putih berdiri megah serta ikan yang dicengkram Elang melambangkan kekayaan hasil laut dari negeri seribu kubah.


Hal yang unik di kawasan ini bisa anda lihat kiri dan kanan jalan setiap bangunan sebagai pusat perkantoran memiliki bentuk kubah dibagian atas bangunannya oleh sebab itulah Rokan Hilir dijuluki sebagai sebutan Negeri Seribu Kubah.


Tidak kalah menarik, jika anda berkunjung kesini, anda akan merasakan hembusan angin sepoi sepoi di tepian sepanjang pinggir sungai Rokan di warung warung tepi laut yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Bagansiapiapi serta menyaksikan keindahan pemandangan laut yang luas dan ombak pasang yang menghayun perahu para nelayan tempatan ketiak beranjak pulang.


Penasaran kan? Ayo ke Rokan Hilir Ke Ibukota Bagansiapiapi. saksikan keindahan alam yang masih asri di kota ini.


5. Batu Belah Batu Bertangkup



Kawasan wisata selanjutnya di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau adalah Batu Belah Batu Bertangkup. Tempat wisata ini tergolong cukup unik dan sedikit berbau cerita legenda.


Batu Belah Batu Bertangkup nama situs legenda ini yang berada di Desa Bantayan.


Konon katanya batu tersebut dahulunya adalah kerang yang sangat besar dan memakan segala yang ada di dekatnya termasuk manusia.


Tetapi sama tentara Portugis kerang tersebut diberi air kapur dan akhirnya kerang raksasa tersebut mati.


Dan kini situs Batu Belah Batu Bertangkup ini cukup sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah.


6. Tempat Wisata Rantau Bais Ciri Khas Rumah Adat Melayu


Tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau ini memang sangat tepat jika dikatakan sebagai desa wisata, karena di Desa Rantau Bais ini kamu bisa menemukan rumah adat yang masih sangat banyak dipelihara dengan sangat baik.


Dan juga masyarakatnya masih menjaga adat dan istiadanya disini.


Lokasinya yang tepat berada di Sungai Rokan menjadikan Desa Rantau Bais terlihat sangat tenteram dan damai.


Selain itu lokasinya juga dekat dengan Pulau Tilan yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir yang satu ini masih menjadi salah satu tempat terfavorit di hati para pecinta alam liar dan terbuka hijau.


7. Even Wisata Budaya Bakar Tongkang


Inilah wisata budaya yang menjadi andalan Kabupaten Rokan Hilir, yakni Ritual Bakar Tongkang atau Upacara Bakar Tongkang.


Tempat wisata di Riau ini sudah menjadi event yang masuk dalam kalender tahunan Visit Indonesia. Selain memiliki keunikan dan juga banyak mendatangkan wisatawan asing ke Bagansiapapi.


Sejarah awalnya memang dimulai oleh orang Tionghoa yang tinggal di Bagansiapiapi untuk mengenang para leluhurnya dan juga sebagai ucapan rasa syukur kepada Dewa Kie Ong Ya.


8. Masjid Al Ikhlkas Tempat Wisata Religi



Selanjutnya tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau berikutnya adalah wisata religi, yakni di Masjid Al Ikhlkas Bagansiapi-api.


Arsitektur yang bernuansa Turki masjid ini memang begitu tampak megah dengan adanya kolam air yang ada di halaman masjid semakin membuat Masjid Al Ikhlas terlihat sejuk. 


Belum lagi adanya menara-menara yang tinggi di sisi-sisi masjid semakin menambah keindahan Masjid Al Ikhlas.


9. Desa Wisata Bangko Mukti


Rekomendasi Objek Wisata, Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Serasa di Pulau Dewata


Alasan di balik dari penetapan ini tentu adalah daya tarik yang disajikan di objek wisata ini.


Di Desa Bangko Mukti terdapat objek wisata seperti Water Boom Tri Putri.


Menariknya objek wisata yang satu ini dibangun oleh perorangan dan memiliki ombak buatan.


Usut punya usut, Water Boom Tri Putri ini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan.


Untuk masuk ke objek wisata yang satu ini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 25 k saja.


Sangat murah bukan?


Selain itu yang harus dilirik oleh para wisatawan adalah Taman Desa Indah.


10. Jembatan Kembar Pedamaran



Terakhir di rekomendasikan tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang wajib anda kunjungi adalah jembatan kembar atau biasa disebut jembatan Pedamaran.


Jembatan Pedamaran terletak di Pulau Tuan Syeikh Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir, Jembatan ini menjadi salah satu ikon utama yang menghubungkan beberapa daerah di Kabupaten Rokan Hilir.


Dikenal memiliki daya tarik dan keindahan alamnya yang memukau mata, Jembatan Pedamaran ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat paling favorit untuk berlibur bersama Keluarga, sahabat dan teman teman untuk merasakan hembusan angin laut sepoi sepoi menerpa badan.


Demikian informasi mengenai tempat wisata di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau terbaru dan paling hits, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi wisatawan yang berkunjung kesini, terimakasih. (Adv).




 
Berita Lainnya :
  • Bupati Rohil Menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara
  • BPS Bersama Pemkab Meranti Menggelar FGD Persiapan Rilis Publikasi Meranti
  • Pemkab Meranti Menggelar Pelatihan Manajemen Masjid Tahun 2024
  • Kepolisian Kuansing Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Sidang Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara
  • Bupati Kuansing Mendapat Penghargaan Kategori Baik Oleh KASN
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Rohil Menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara
    02 BPS Bersama Pemkab Meranti Menggelar FGD Persiapan Rilis Publikasi Meranti
    03 Pemkab Meranti Menggelar Pelatihan Manajemen Masjid Tahun 2024
    04 Kepolisian Kuansing Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Sidang Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara
    05 Bupati Kuansing Mendapat Penghargaan Kategori Baik Oleh KASN
    06 Rumah Sakit Hewan di Kota Metro Tuai Apresiasi Dari Gubernur Lampung
    07 Pemkab Muara Enim Gelar Operasi Pasar Murah di Belimbing dan Gerakan Pangan Murah di Gunung Megang
    08 Caleg Desi Guswita Dituding Politik Uang, Segera Buat Laporan Polisi
    09 Terkait Tunda Bayar, Kadiskominfotiks : Kami Pihak Pemkab Rohil Sedang Memprosesnya Senin 27 Februar
    10 Pembukaan MTQ ke 24, Pemenang Juara Umum Akan Mendapat Hadiah Spesial dari Wabub Rohul
    11 Bidang IKP Diskominfotiks Rohil Gelar Rapat Redaksi Mengenai Tugas Pokok dan Fungsi Tim IKP
    12 Bupati Meranti Membuka Secara Resmi Launching Sistem Pengelolaan Keuangan Non Tunai
    13 Staf Ahli Bupati Menghadiri Sekaligus Membuka Musrenbang Tebingtinggi Timur
    14 Bupati Kuansing Menggelar Rapat Koordinasi Bersama Direktur PT. Karya Tama Bakti Mulya
    15 Wabub Rohul Lepas Pawai Ta'aruf Pembukaan MTQ Ke 24
    16 Pangdam II/Swj Beserta Ibu Kunjungi Makodim 0411/KM
    17 APBD Kuansing Tahun 2024 Disahkan, Bupati Kuansing Apresiasi DPRD Kuansing
    18 Bupati Kuansing Menyerap Aspirasi Masyarakat KHS
    19 DLHK Kota Pekanbaru Segera Menerapkan Sistem Non Tunai Pembayaran Retribusi Sampah
    20 Bupati kuansing Berupaya Mengurangi Angka Pengangguran
    21 Bupati Kuansing Meresmikan PT. Bukit Kuansing Permai
    22 Pj Walikota Pekanbaru Membuka Secara Resmi MTQ Tingkat Kota Ke-56
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA