Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Pemko Pekanbaru Mengajukan Pengantar Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah
Selasa, 19-09-2023 - 12:29:58 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, LiputanOnline.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengajukan pengantar Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Perubahan 2023 dalam rapat paripurna DPRD, Senin (18/9). Pendapatan daerah Pemko Pekanbaru dikoreksi dari Rp2,699 triliun (di APBD murni) menjadi Rp2,89 triliun.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam pidatonya menyampaikan, upaya yang sungguh-sungguh dan komitmen yang kuat dari seluruh unsur pemerintahan daerah serta didukung oleh seluruh komponen masyarakat melalui kerja keras. Rancangan peraturan daerah tentang APBD Perubahan 2023 ini diharapkan akan semakin efektif dan berperan dalam pencapaian upaya untuk memakmurkan masyarakat.

Di samping itu, peran serta lembaga-lembaga pengawasan dan dan pemeriksaan keuangan negara seperti BPK, BPKP, dan Inspektorat diperlukan untuk terus mengawasi perencanaan dan penggunaan anggaran daerah agar lebih efektif, efisien, transparansi, akuntabel, dan berdaya guna.

"Munculnya gejolak energi global memerlukan respon kebijakan yang dapat memitigasi munculnya dampak atas kenaikan inflasi. Untuk itu diperlukan perlindungan sosial sekaligus sebagai bantalan mengatasi dampak dari kenaikan inflasi, khususnya dampak pengalihan subsidi BBM," ujarnya.

Selain itu, Pemko Pekanbaru diminta untuk memastikan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga. Pemerintah daerah diminta agar menambahkan belanja perlindungan sosial dari dan transfer umum yang diterima.

"Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru perlu melakukan langkah-langkah pengendalian dampak inflasi dalam rangka bantalan sosial serta memperhatikan daya beli masyarakat, mensinergikan kebijakan fiskal antara APBD dan APBN dalam memberikan dukungan atas program-program prioritas pemerintah, menjaga kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perlindungan sosial dalam APBD 2023," ungkap Muflihun.

Sehingga dalam penyusunan rancangan kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan perubahan prioritas plafon anggaran sementara (PPPAS) APBD Perubahan tetap harus fokus pada belanja untuk kesehatan, jaringan pengaman sosial, dan pemulihan perekonomian.

Pemko bersama DPRD Pekanbaru menyusun dan menetapkan kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan PPPAS APBD 2023 sebagai pedoman bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam mengusulkan rencana kerja perubahan anggaran (RKPA) tahun 2023.

Pemko Pekanbaru telah melakukan rasionalisasi dan realokasi belanja perjalanan dinas dan belanja pakai habis. Namun untuk program-program prioritas masih tetap dilaksanakan terutama program-program yang langsung menyentuh masyarakat.

Program-program tersebut antara lain, subsidi bunga pinjaman bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), santunan kematian bagi masyarakat miskin kepada ahli waris, bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu, doctor on call 24 jam, pendanaan kegiatan Pilkada 2024, program Universal Health Coverage (UHC), penanganan sampah; banjir; jalan rusak; dan drainase.

"Guna mendukung kinerja pelayanan publik yang makin baik dan tuntutan profesionalisme birokrasi seiring dengan tuntutan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang bersih menuju perubahan paradigma mewirausahakan birokrasi, termasuk dalam hak penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. Pemerintah daerah telah mengalokasikan tambahan penghasilan kepada PNS untuk memacu semangat dan kinerja birokrasi sesuai dengan tuntutan dari pelaku usaha dan masyarakat," ungkap Muflihun.

Gambaran secara umum rancangan Perda tentang APBD 2023 antara lain, pendapatan dan belanja daerah. Pendapat daerah ditargetkan Rp2,89 triliun. Pendapatan daerah itu berasal dari pendapat asli daerah (PAD) sebesar Rp1,01 triliun. Pendapatan transfer daerah Rp1,87 triliun.

Belanja daerah direncanakan sebesar Rp2,89 triliun. Belanja daerah ini untuk belanja operasi, belanja modal, dan belanja tak terduga. Penerimaan pembiayaan daerah ditargetkan Rp14,69 miliar. Pengeluaran daerah ditargetkan Rp20 miliar. Penyusunan APBD Perubahan ini telah disepakati antara Pemko dan DPRD pada 11 September 2023. (Kominfo11/RD5)

Editor:Redaksi




 
Berita Lainnya :
  • Gawat.!! Kecamatan Singingi Darurat Tempat Hiburan Malam
  • DLHK Menunggu Pengesahan Perwakilan Terkait Pungutan Retribusi Sampah
  • Angka Stunting Dipantau Pemerintah Pusat di Daerah-daerah
  • Bupati Meranti Menghadiri Roadshow Bus KPK 2023
  • Bupati Kuansing Hadiri Acara Subuh Barokah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Gawat.!! Kecamatan Singingi Darurat Tempat Hiburan Malam
    02 DLHK Menunggu Pengesahan Perwakilan Terkait Pungutan Retribusi Sampah
    03 Angka Stunting Dipantau Pemerintah Pusat di Daerah-daerah
    04 Bupati Meranti Menghadiri Roadshow Bus KPK 2023
    05 Bupati Kuansing Hadiri Acara Subuh Barokah
    06 Bupati Rohil Buka Secara Resmi Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah
    07 Harga Beras Naik di Rohil, Akibatnya Gagal Panen
    08 Pertunjukan Roadshow Bus KPK,Di hadiri Oleh Para Kepala Daerah
    09 Beri Peringatan Sejak Awal,BMKG ke Pekanbaru
    10 Dikenal Tegas Peduli Nasib Nelayan Lokal,Jonnaidi Ketua HNSI Rohil di Fitnah Terlibat Hasil Laut
    11 Wagubri Resmi Lantik DPP Ikatan Marga Hulu & Family Periode 2022-2025
    12 Pembukaan Pacu Jalur Inuman Oleh Bupati Kuansing
    13 Dilakukan sosialisasi Gemar Ikan yang Dihadiri Oleh Ketua Forikan
    14 Para Pengurus Meranti Diminta Melakukan Upaya Pre-empitif dan Preventif Untuk Pencegahan Karhutla
    15 Perwakilan Bupati Meranti Membuka FGD yang Diadakan BPS
    16 Inspektorat Meranti Meluncurkan Aplikasi Meranti Tangkis
    17 Polsek Kuantan Mudik Gelar Jumat Curhat di Desa Kinali
    18 Polsek Kuantan Mudik Bagikan Sembako kepada Lansia dan Masyarakat Kurang Mampu
    19 DLHK Memaksimalkan Penggunaan 2 Excavator
    20 Pemko Pekanbaru Meminta DLHK Berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat Mendapat ISPU
    21 Tournament Bola Voli yang Diikuti Banyak Orang dan Dihadiri Oleh Danposal
    22 Bupati Rohil Menyerahkan Langsung Hadiah Para Pemenang Tournamen ML Bupati Cup
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA