Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Sekdako Pekanbaru Pimpin Upacara Peringatan Hari Harkitnas Tahun 2024
Selasa, 21-05-2024 - 05:46:44 WIB
Sekdako Pekanbaru Pimpin Upacara Peringatan Hari Harkitnas Tahun 2024
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU , LiputanOnline.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun S.STP M.AP diwakili Sekretaris Daerah Sekda Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2024, Senin (20/5/2024).

Upacara Harkitnas yang dilaksanakan di lapangan upacara Komplek Perkantoran Tenayan Raya Senin pagi diikuti para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Camat dan seluruh ASN maupun THL.

Sekdako Pekanbaru membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setia, didalam upacara peringatan Harkitnas ke 116, dengan tema 'Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas'. Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan Indra Pomi Nasution, mengajak elemen masyarakat merayakan Kebangkitan Nasional Kedua Menuju Indonesia Emas.

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia," ucap Indra Pomi Nasution membacakan sambutan.

"Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua. Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan," sambungnya.

Lanjutnya, keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu, namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban. Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda.

Pendidikan yang hanya ditujukan pada priayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Bumiputera. Perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan.
Sebelum Boedi Oetomo, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Dialah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kali muncul sejak lebih dari seabad lalu.

Di tangannya kemajuan itu dirumuskan, diperinci, dan diperjuangkan, untuk kemudian menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Bagi Kartini, pendidikan merupakan jalan yang dapat menguak horizon dan peradaban baru bagi kaum Bumiputera.

Kartini merupakan pembaharu dalam menggagas sebuah imajinasi mengenai sebuah tatanan masyarakat yang merdeka, dan sebuah cita-cita ideal baru tentang bangsa yang lebih besar dibandingkan asal-usul sosialnya sendiri. Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri.

Ia telah memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda “embrio bangsa”, yang perlahan menjadi nyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional.

Embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”.

Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas. Manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan. Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

"Di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi," sebut Indra Pomi Nasution membacakan sambutan Menteri.
"Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah," sambungnya.

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital.

Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5 persen dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 Triliun USD pada Tahun 2030.(Kominfo9/RD3)

Editor:Redaksi




 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil Menggelar Acara Silahturahmi Atas Bertugasnya Kajari Rohil
  • Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Hiburan Konser Musik Spesial
  • Bupati Kuansing Membuka Acara Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan
  • 14 Pejabat Pemkab Meranti Telah Selesai Melaksanakan Evaluasi
  • Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Rohil Menggelar Acara Silahturahmi Atas Bertugasnya Kajari Rohil
    02 Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Hiburan Konser Musik Spesial
    03 Bupati Kuansing Membuka Acara Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan
    04 14 Pejabat Pemkab Meranti Telah Selesai Melaksanakan Evaluasi
    05 Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM
    06 Bupati Kuansing Melepas Sebanyak 28 Atlet Sepak Bola Usia 12-14 Tahun Mewakili Kuansing IFFC
    07 Jam Kerja Kantor Inspektorat Muara Enim Dijadikan Tempat Memasak Kue
    08 Rapat Paripurna Istimewa HUT Lampung Utara Ke-78
    09 Lakukan Kunjungan, PJ Gubernur Riau Janjikan RSUD Rohul Akan Selesai
    10 Rayakan Hari Jadi Pekanbaru Ke-240, Pemko Adakan Bersih Bersih Bersama Pemrov Riau
    11 PJ Gubernur Riau Serahkan 595 SK PPPK
    12 Presiden RI Hadirkan Bantuan Kurban Sapi Hampir 1 Ton
    13 Terjawab Sudah: Pasangan Dr. Adam S.H., M.H. di Pilkada Kuansing 2024
    14 Bupati Rohul Bersama Pj Gubernur Riau Hadiri Haul Allah Syekh Ma'sum Tambusai ke-63
    15 Bupati Meranti Idul Adha di Kampung Halaman dan Kurban 2 Ekor Sapi
    16 Bupati Kuansing Melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H Bersama Masyarakat Kenegerian Kari
    17 Pemkab Kuansing Menggelar Pawai Malam Takbiran Hari Raya Idul Adha 1445 H
    18 Pj Walikota Pekanbaru Menggelar Open House di Kediaman Wali Kota
    19 Pj Walikota Pekanbaru Dampingi Pj Gubernur Riau Menyerahkan Bantuan dari Presiden RI
    20 Polres Rohul Potong 18 hewan qurban
    21 Bupati Sukiman laksanakan sholat idul adha 1445 h di masjid islamic center
    22 LAPAS PASIR PENGARAIAN POTONG 5 EKOR SAPI DAN 1 EKOR KAMBING
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA