Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Bupati Rohil Diwakili Asisten I Menghadiri Dialog Pemuda Lintas Agama Oleh FKUB
Kamis, 23-05-2024 - 08:35:35 WIB
Bupati Rohil Diwakili Asisten I Menghadiri Dialog Pemuda Lintas Agama Oleh FKUB
TERKAIT:
   
 

Rohil, LiputanOnline.com - Dalam rangka menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, mengadakan dialog pemuda lintas agama di Rokan Hilir, Rabu (22/5/2024) Aula pertemuan salah hatu hotel di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rohil Provinsi Riau.

Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Ferry H.Parya, atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih dan salam takzim dari Bupati Rohil karena tidak bisa hadir pada kegiatan tersebut dan menyambut baik kegiatan dialog pemuda lintas agama ini." Kegiatan ini tentunya bisa membawa dampak yang baik bagi masyarakat Rokan Hilir dimana kita ketahui bersama bahwa masyarakat Riau, khususnya Rohil merupakan masyarakat yang majemuk dengan beragam suku dan agama," ujarnya.

Kemajemukan tersebut dikatakan Ferry bila mana tidak di kelola dengan baik, maka bisa menjadi tantangan dan akan berdampak kurang baik di tengah masyarakat.

"Oleh karena itu tentunya ditengah perbedaan tersebut berbagai upaya dilakukan dengan stakeholder yang ada melakukan upaya untuk membuat terobosan dalam menciptakan keharmonisan dan kerukunan agama di tengah masyarakat kita yang majemuk seperti dialog pemuda lintas agama ini merupakan langkah yang baik untuk menciptakan persatuan dan kedamaian ditengah masyarakat kita ," ujarnya.

Lanjutnya ,"kegiatan dialog pemuda lintas agama yang di gagas FKUB dan Kesbangpol ini untuk memupuk rasa nasionalisme pemuda, kita berharap kepada seluruh pemuda dapat menjaga persatuan dan kesatuan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Semoga pertemuan dan kegiatan kita ini memberikan manfaat, wawasan, persaudaraan dan membawa kerukunan beragama," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua FKUB Provinsi Riau KH. Abd.Rahman Qoharuddin, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dialog pemuda lintas agama ini bertujuan untuk menguatkan dan memperkokoh kerukunan antar umat beragama dan memperkokoh kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

"Kegiatan dialog pemuda lintas agama ini sudah kami laksanakan di berbagai daerah di Riau. Pada intinya kegiatan ini untuk memperkuat, menyatukan, mengokohkan dan saling menjaga toleransi antar umat beragama di secara nasional serta Provinsi Riau dan khususnya di Rokan Hilir," kata KH. Abd.Rahman Qoharuddin, MA.

Konflik masalah suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia dikatakan Abdul Rahman seperti konflik di Ambon, kasus Poso dan kasus Sampang di Kalimantan merupakan pengalaman dan sejarah pahit bagi Indonesia dalam masalah kerukunan hidup bersuku-suku dan beragam Agama di negeri ini. Dan hal itu merupakan pelajaran yang harus diambil hikmahnya agar kita jangan mudah terprovokasi oleh issu sara dan agama. Iya mengajak seluruh lapisan masyarakat Riau khususnya Rohil untuk saling bersilaturahmi, dialog bersama saling menjaga kerukunan satu dengan lainnya.

Lanjutnya," kerukunan hidup beragama dan antar suku di daerah sangat berpengaruh terhadap terwujudnya visi-misi pembangunan daerah. Jadi daerah yang berkonflik sulit mewujudkan visi-misi pembangunan daerah sebagaimana yang pernah dialami dibeberapa daerah di Indonesia pada masa lampau dimana issu suku dan agama sangat sensitif sehingga menimbulkan konflik. Padahal tidak ada agama yang mengajarkan untuk berselisih antar satu dengan yang lainnya oleh karenanya kami mengajak untuk semuanya mari bersama sama kita menciptakan suasana hidup rukun dan selalu damai dalam setiap sisi kehidupan sehari-hari," terangnya.

Sebagaimana yang disampaikan ketua panitia kegiatan dialog pemuda lintas agama Provinsi Riau, Erna Wilianti, SH bahwa kegiatan ini pihak FKUB mendatangkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Riau, Lil Fadly Jamil dan KH. Abd.Rahman Qoharuddin, MA Ketua FKUB Riau untuk menyampaikan berbagai materi diantaranya "Peran pemuda lintas agama dalam menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama ditinjau dari sudut penegakan hukum", Peran pemerintah dalam mewujudkan pembangunan bagi pemuda lintas agama serta Pentingnya kesadaran pemuda lintas agama untuk menjaga kerukunan agar hidup rukun ditinjau dari sudut agama.

Hadir pada acara pengurus FKUB Provinsi Riau, Pengurus FKUB Rohil, Perwakilan Kemenag Rohil, Tokoh berbagai agama, ormas Islam, perwakilan Kesbangpol Provinsi Riau dan Kesbangpol Rohil, Kabid IKP Diskominfotiks Rohil Juni Rahmat dan peserta lainnya.

Editor:Redaksi




 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil Menggelar Acara Silahturahmi Atas Bertugasnya Kajari Rohil
  • Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Hiburan Konser Musik Spesial
  • Bupati Kuansing Membuka Acara Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan
  • 14 Pejabat Pemkab Meranti Telah Selesai Melaksanakan Evaluasi
  • Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Rohil Menggelar Acara Silahturahmi Atas Bertugasnya Kajari Rohil
    02 Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Hiburan Konser Musik Spesial
    03 Bupati Kuansing Membuka Acara Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan
    04 14 Pejabat Pemkab Meranti Telah Selesai Melaksanakan Evaluasi
    05 Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM
    06 Bupati Kuansing Melepas Sebanyak 28 Atlet Sepak Bola Usia 12-14 Tahun Mewakili Kuansing IFFC
    07 Jam Kerja Kantor Inspektorat Muara Enim Dijadikan Tempat Memasak Kue
    08 Rapat Paripurna Istimewa HUT Lampung Utara Ke-78
    09 Lakukan Kunjungan, PJ Gubernur Riau Janjikan RSUD Rohul Akan Selesai
    10 Rayakan Hari Jadi Pekanbaru Ke-240, Pemko Adakan Bersih Bersih Bersama Pemrov Riau
    11 PJ Gubernur Riau Serahkan 595 SK PPPK
    12 Presiden RI Hadirkan Bantuan Kurban Sapi Hampir 1 Ton
    13 Terjawab Sudah: Pasangan Dr. Adam S.H., M.H. di Pilkada Kuansing 2024
    14 Bupati Rohul Bersama Pj Gubernur Riau Hadiri Haul Allah Syekh Ma'sum Tambusai ke-63
    15 Bupati Meranti Idul Adha di Kampung Halaman dan Kurban 2 Ekor Sapi
    16 Bupati Kuansing Melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H Bersama Masyarakat Kenegerian Kari
    17 Pemkab Kuansing Menggelar Pawai Malam Takbiran Hari Raya Idul Adha 1445 H
    18 Pj Walikota Pekanbaru Menggelar Open House di Kediaman Wali Kota
    19 Pj Walikota Pekanbaru Dampingi Pj Gubernur Riau Menyerahkan Bantuan dari Presiden RI
    20 Polres Rohul Potong 18 hewan qurban
    21 Bupati Sukiman laksanakan sholat idul adha 1445 h di masjid islamic center
    22 LAPAS PASIR PENGARAIAN POTONG 5 EKOR SAPI DAN 1 EKOR KAMBING
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA